28 Maret, 2009

BAGAIMANA MEMBANGUN SWING YANG DAPAT ANDA PERCAYA


Oleh Trevor Immelman, Masters Champion 2008


Mulai semuanya dalam suatu kesatuan.
Perhatikan baik-baik bagaimana bahu saya, kedua lengan, clubhead, pinggul dan kedua lutut bergerak menjauh dari bola dalam satu kesatuan – tidak ada yang tertinggal di sisi kiri. Ini adalah swing yang natural. Jika anda hanya menggerakkan bahu, anda dalam bahaya dari hantaman kedalam. Jika anda hanya menggerakkan kedua lengan, sama saja anda mengangkat club dan akan terlalu curam.





Cobalah menyapu rumput dibelakang bola. Ketika anda mengendalikan clubhead rendah ketanah seperti ini, ini membuatnya mudah dalam keadaan mendatar dan menciptakan jarak yang sebenarnya. Saya sebenarnya mendengarkan suara sapuan club di rumput.











Biarkan club bebas swing diatas.
Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada clubhead naik dengan lembut dalam backswing. Saya dapat memperoleh perasaan membiarkan clubface pada driver saya memutar terbuka, seperti memutar kekanan mengikuti pinggang saya. Beberapa orang membiarkan clubface terkunci dan membuatnya slice. Itu membuat swing anda terlalu kaku dan membuatnya hook .






Putar pinggang kanan anda dibelakang kantong anda dan rasakan clubhead dan batang tubuh anda bergerak bersamaan. Kesemuanya harus sampai di puncak dalam waktu yang sama.













Seperti swing saya club di atas, saya gambarkan tumit dari driver saya menggantung dalam posisi terbuka . Orang akan mengatakan anda akan memperoleh pukulan slice, tetapi sebenarnya membebaskan anda untuk swing kebawah keras dan membebaskan club tanpa rasa takut, sesuatu yang tidak anda lakukan jika clubface tertutup.





Jika anda mencoba clubface square atau tertutup saat di atas, anda kehilangan kebebasan dan membuat club jatuh ke dasar.














Kendalikan sisi kanan anda diatas bola. Rasakan bahu kanan anda ada diatas bola saat impact.















Posisi tumit-kebawah pada saat diatas artinya saya benar-benar lepas setelah sampai pada landasan. Saya seperti merasakan clubhead melewati tangan saya langsung impact, bukan tangan saya yang mencoba menahan clubface square.








Ini adalah swing yang benar langsung impact dan square pada clubface









Menahan club keseluruhan tidak sportif dan kelemahan power yang serius.












Jika anda melepaskan keseluruhan dengan benar hingga impact, momentum dari club anda akan menarik anda kedalam follow-trough.














Jika anda merasakan badan anda masih swing club kedalam follow-trough, anda sepertinya mendatar.

















Club mulai pada shaft yang datar…














…. Swing kebelakang pada shaft yang datar ….














… terangkat pada bahu yang sejajar datar …
















… mencapai puncak diatas bahu yang datar.















…jatuh kembali kebawah kedalam shaft yang datar…














…swing langsung pada shaft yang datar…














keluar pada bahu yang datar....














Click here to find out more!
… dan selesai pada bahu yang datar.











Sumber: Golf.com