08 Juli, 2013

Adam Scott: Basic Short Game

Bagaimana untuk memukul semua shot, dan membuatnya terlihat mudah. 


Oleh Adam Scott
Dengan Ron Kaspriske
Foto: Walter Iooss JR.

Saya teringat bahwa pukulan chip shot yang saya miliki pada playoff hole pertama di Masters, adalah salah satu yang hadir tepat setelah Angel Cabrera hampir keluar dari hole di belakang saya? Itu sebuah chip cukup sederhana, tapi percaya atau tidak, itu adalah yang paling saya gunakan untuk berjuang. Bukan waktu itu. Saya mampu untuk chip itu terdekat dan mengamankan par, dan aku berhasil untuk memenangkan jaket hijau dengan birdie pada hole berikutnya.

Itu adalah salah satu dari banyak contoh selama empat hari di Augusta dimana short game saya baru bersinar. Saya telah bekerja keras selama dua tahun terakhir dengan pelatih saya, Brad Malone, dan itu benar-benar hadir bersama-sama pada minggu itu. Contoh lain adalah hari Sabtu, ketika kehilangan approach pendek saya pada green hole pertama dan kekanan. Pin di belakang kanan tepat di rak yang sangat sulit. Mendapatinya dekat berarti memukul shot saya tidak memilikinya sampai saat ini, tapi aku memainkan pitch agresif yang berhenti di samping lubang. Sekali lagi, saya simpan par pada saat yang kritis.

Apa yang saya lakukan dengan permainan short game saya adalah menyederhanakan teknik, dan itu membuat saya lebih percaya diri dan agresif. Ikuti tips saya di chipping, pitching dan permainan dipasir, dan anda juga, akan membuat pukulan ini terlihat mudah.

CHIPPING
APA YANG BIASA SAYA LAKUKAN (KANAN)


Saya punya banyak sandaran kedepan di setup saya, jadi saya akan mengechip bola yang terlalu kuat, atau aku akan meperlambat dan mencoba menyendoknya (kanan). Itulah mengapa saya mengalami kesulitan bahkan pada pukulan langsung salah satunya seperti yang di playoff di Augusta.

APA YANG SAYA LAKUKAN (BAWAH)
Jangan hantam bawah berlebihan

Ketika anda chip, anda ingin set-up ayunan dengan cara yang memberikan anda paling fleksibel untuk kesalahan. Pikirkan seberapa banyak lebih percaya diri anda jika anda tahu anda tidak harus memukul bola sempurna untuk memukul sebuah chip yang layak.

Itu sebabnya saya address pada bola di tengah stance saya dan menjaga berat badan saya merata. Shaft bersandar hanya sedikit ke depan. Set-up ini medukung ayunan pendek pada bola dan memungkinkan wedge melakukan apa yang dirancang untuk dilakukan: geser sepanjang rumput di tepi belakang clubhead.

Saya pikir swing itu sendiri sebagai sedikit rotasi tubuh kebelakang dan berlanjut lagi, sangat sedikit tindakan tangan. Bahkan jika saya memukulnya sedikit tebal, klub masih mendarat di bawah bola.


Saya mengatur berat badan 50/50 dan bermain bola ditengah untuk meningkatkan stroke menyapu pada impact.


PITCHING
APA YANG AKU LAKUKAN (KANAN)

Aku benar-benar pada pergelangan pukulan pitch karena aku pikir harus membuat lentingan dan spin. Aku putar engsel pergelangan tangan penuh dan kemudian harus membebaskannya sebelum impact. Aku tidak pernah tahu bagaimana indahnya bola akan meluncur.


 APA YANG SAYA LAKUKAN SEKARANG (BAWAH)
Lepaskan tangan dari pukulan

Kontrol jarak tembak adalah hal yang penting di pitching, sehingga untuk dapat lebih konsisten saya merilekskan tangan dan pergelangan saya. Hal ini mungkin terdengar lucu, tapi ketika saya melakukan ini, saya merasa seolah-olah bola tetap di clubface sekian mili-detik lebih lama, memungkinkan saya untuk memandu ke target.

Fokus saya pada pitching yaitu tubuh saya berputar di sekitar kaki kiri saya. Saya mulai dari sikap kaki yang sedikit terbuka, dengan berat badan saya seimbang dan bola ditengah. Tangan dan lengan sangat sedikit bergerak karena saya berputar kebelakang. Lalu saya memutar dada menuju sasaran, membiarkannya menarik lengan saya dan klub bersama-sama. Jika saya ingin mengubah ketinggian atau spin, saya sesuaikan clubface atau posisi bola. Sangat jarang bahwa saya sadar menggunakan gerakan pergelangan tangan.


Perhatikan kaki kiri saya lurus: Ini bertindak sebagai poros, dan tubuh saya berputar di sekitar itu.


BERMAIN DI BUNKER (SAND)
APA YANG AKU LAKUKAN SEKARANG (KANAN)

Swing bunker saya tampak sangat mirip dengan swing penuh saya. Set-up dengan muka-club datar, dan saat impact tangan saya persis di depan clubhead-terlalu banyak menggali. Pada pukulan bunker, clubhead harus melewati tangan lebih awal.

APA YANG SAYA LAKUKAN SEKARANG (BAWAH)
Buka club-face, dan buat swing penuh

Dari bunker sisi greene, saya ingin swing tanpa pegang apa-apa dibelakang. Itu termasuk membiarkan clubhead melewati tangan saya selama impact. Pada chipping dan pitching, tangan saya tetap cukup pasif, tapi di pasir, saya pastikan menggunakan tindakan pergelangan.

Set-up dengan clubface cukup terbuka dan bola diatas kaki depan saya. Itu member saya percaya diri kalau saya dapat membuat backswing penuh dan downswing agresif tanpa perlu khawatir tentang memukul bola terlalu jauh. Berbeda dengan swing penuh, dimana tangan mengendalikan clubhead selama impact, saya lepaskan engsel pergelangan tangan saya sehingga benar-benar clubhead turun melewati tangan saya. Melalui indakan itu memaksimalkan lentingan, sehingga anda dapat memukul tinggi, pukulan yang lembut.


Karena saya memulai dengan clubface terbuka, saya bisa membuat putaran penuh dan masih memukul sebuah tembakan pendek.

Sumber: golfdigest.com