06 Januari, 2013

JACK BERFIKIR KEMBALI TENTANG SWING

BAGAIMANA PIKIRAN SAYA TELAH BERUBAH DENGAN PERMAINAN 
Oleh Jack Nicklaus
dengan Roger Schiffman
Ilustrasi oleh Jim McQueen
Januari 2013

SERI BARU: APA YANG SAYA PIKIRKAN SEKARANG 
Sekitar 35 tahun yang lalu, ketika saya berada di puncak permainan, saya berkolaborasi dengan editor Golf Digest pada seri yang disebut "Pelajaran Tee Jack Nicklaus." Saya beritahukan bahwa halaman yang berwarna pastel dipengaruhi para generasi pegolf, yang sangat disanjung. Sekarang para editor telah meminta saya untuk meng-up-date dengan memeriksa ulang isi dari tulisan dengan Ken Bowden, dan menggunakan lukisan yang asli, dibuat oleh Jim McQueen. Sebagian besar itu masih berlaku, tetapi permainan telah berubah dengan peralatan baru, kursus modern dan pemain yang lebih kuat, beberapa ide saya juga berubah. Inilah apa yang saya tulis di tahun 70-an, dbarengi oleh pikiran saya hari ini.


BERSIAP-SIAP
Saya ingin kibaskan sebelum memulai. Pada pukulan normal, saya ayunkan clubhead bolak-balik sepanjang garis target. Untuk memudar, saya ayunkan pada garis yang sedikit out-to-in. Untuk pukulan draw, saya mengikuti garis in-to-out.

APA YANG SAYA PIKIR SEKARANG
Hari ini, ketika saya ingin memukul, saya juga membuka kaki kiri saya, yang memungkinkan saya untuk mempermudah putaran pinggul lebih leluasa. Untuk pukulan draw, saya membuka kaki kanan saya, karena memungkinkan saya untuk memutar pinggul lebih luas. Banyak guru modern menganjurkan membatasi putaran pinggul, tapi itu gerakan yang sama sekali tidak natural.

KEPALA SAYA BERPUTAR
Saya menoleh sedikit ke kanan sebelum saya mulai menarik kebelakang. Kenapa? (1) Ini langkah persiapan positif, (2) memungkinkan saya untuk membuat bahu berputar penuh secara bebas, (3) itu mendukung saya terhadap goyangan ke kiri pada saat downswing dan mendapatkan tubuh bagian atas saya langsung didepan bola. Banyak pegolf yang baik membuat kesamaan memutar kepala - Sam Snead adalah salah satunya. 

APA YANG SAYA PIKIR SEKARANG
Ketika saya berumur 16, saya bermain tournament dengan Sam. Di situlah saya mendapat langkah itu. Dan saya melakukannya hingga akhir karir saya.






















BERAT BADAN BERGOYANG 
Saya memiliki perasaan bahwa berat badan saya bergerak maju mundur sedikit ketika saya mengayunkan club. Itu membuat kaki saya menjadi tegang. Melakukan ayunan yang sama dengan lengan dan pergelangan tangan.

APA YANG SAYA PIKIR SEKARANG 
Pegangan grip saya cukup lembut, terutama dengan tangan kanan, tapi sebelum saya mengayunkan club saya menguatkannya dan mempertahankan tekanan yang konstan. Grip Fred Couples 'longgar, Tom Watson selalu kuat. Apapun tekanan pegangan grip anda adalah, hanya tetap konstan.





























COBALAH TRIGGER SAYA 
Saya memegang klub cukup longgar, tetapi hanya sebelum memulai kebelakang, saya tekan tangan saya bersama-sama pada pegangan sekali atau dua kali. Saya menyebutnya "tekanan statis." Saya menggunakannya bukan tekanan ke depan secara biasa, yang merupakan langkah kecil menuju sasaran dengan kaki, pinggul dan tangan. Gary Player, misalnya, tendangan lutut kanannya ke kiri.

APA YANG SAYA PIKIR SEKARANG 
Pikiran saya tidak berubah di sini: Saya masih menggunakan tekanan statis. Saya juga menggunakan untuk menendang lutut kanan saya, seperti Gary, untuk memainkannya. Saya masih melakukannya juga.





























WASPADALAH BADAN BERGOYANG 
Jika anda mencoba putar kepala, pastikan jangan biarkan kepala anda bergoyang ke kanan sebagaimana swing anda berlangsung. Jika itu terjadi, busur ayunan akan berubah dan anda akan memukul bola tidak konsisten. Saya benar-benar melihat clubhead kembali, untuk memastikan bahwa itu bergerak dengan benar, tapi saya menggunakan penglihatan tepi atau meliriknya.

APA YANG SAYA PIKIR SEKARANG
Kepala anda juga tidak harus naik dan turun. Saya kadang-kadang akan mengangkat kepala, namun akhirnya saya belajar untuk tetapkan jarak yang sama dari tanah. Yang berpengaruh pada kontak yang solid.

Sumber: golfdigest.com
Video: Youtube.com